2.10.2010

TENTANG NAB

Apa yang dimaksud dengan Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan Reksa Dana?

Nilai Aktiva Bersih merupakan ’harga beli’ dan juga sekaligus ’harga jual’ per Unit Penyertaan pada saat pemodal ingin membeli atau menjual Unit Penyertaan suatu Reksa Dana.

NAB per unit dipublikasikan setiap hari bursa, dan dapat dijadikan indikator kepada pemodal untuk melakukan keputusan beli atau jual, juga dapat menjadi indikator untung-ruginya investasi kita.

Naik turunnya NAB per unit dipengaruhi oleh nilai pasar dari masing-masing efek yang terdapat dalam portofolio suatu Reksa Dana.

NAB per unit mencerminkan nilai sesungguhnya suatu Unit Penyertaan pada suatu hari tertentu setelah menghitung seluruh pengeluaran dan biaya manajemen. NAB per unit untuk setiap Reksa Dana dihitung setiap hari dengan menggunakan nilai pasar yang diterbitkan setiap hari.

Secara sederhana, NAB per Unit dikalkulasikan sebagai berikut:

Nilai Pasar dari Efek dalam Portofolio + Piutang
+ Pendapatan Akrual – Biaya – biaya yang relevan*

NAB = -----------------------------------------------------------------------------------
Jumlah Unit Penyertaan yang Beredar

*Untuk keterangan lebih lengkap, lihat prospektus

Nilai Aktiva Bersih (NAB) adalah nilai pasar dari Efek-Efek tertentu dan aset-aset lain dari Reksa Dana yang dikurangi semua kewajibannya yang dihitung dan diterbitkan pada setiap Hari Bursa

0 komentar:

Posting Komentar

PROFILE

Foto saya
Belakangan ini banyak sekali permasalahan dan kasus-kasus tentang reksadana dan asuransi. Melihat hal itu saya merasa prihatin dan kasihan kepada para korban. Maka pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi tentang apa itu reksadana dan asuransi sehingga masyarakat tau betul apa itu reksadana dan asuransi sebelum melangkah lebih jauh atau sebelom berinvestasi di kedua instrument tersebut. Semoga saja kami bisa memberikan apa yang di harapkan bersama. Terikasih.
 

Template by Asuransi-Reksadana